Prabu Siliwangi – Galeri Lukisan

Posted: October 21, 2010 in Sejarah
Tags: , ,

Sebaga bentuk kekaguman saya terhadap tokoh Prabu Siliwangi berikut saya upload lukisan lukisan dari orang2 yang mungkin juga mempunyai kekaguman juga terhadap tokoh ini.

source : diambil dari beberapa sumber

untuk yang berminat belajar,berdiskusi dan berdinamika tentang ajaran Sunda Asli silahkan meluncur di :

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7960068

Kebetulan jalan2 ke dunia maya menemukan pembahasan tersebut.

About these ads
Comments
  1. Lukisan says:

    saya sempat baca cerita prabu siliwangi,
    mang sih dia sangat gagah dan tampan,seperti kake saya…
    uh,

    • sketsalaku says:

      Jangan2 memang masih kerabat dekat Beliau kang? :)
      Di share dong kang kalau ada cerita dari kakek atau bacaan2 tentang beliau gitu. Agak susah nyari referensi tentang tokoh satu ini.

      Salam

  2. pangeran kudratulloh says:

    sy cm mau tanya kalau kian santang dan walangsungsang satu ibu atau tidak?suban larang dan dewi kumala wangi itu org yg sama atau berbeda namun sam2 istri prabu siliwangi?

    • sketsalaku says:

      ada beberapa versi, salah satu versi kian santang mempunyai ilmu yang bernama walangsungsang dan mewujud menjadi bentuk nyata. Subang Larang dan Kumala wangi orang yang sama. Itu salah satu versi versi yang lainnya bisa dicari di google. Yang mana yang bener silahkan dicari… Salam….

  3. AFID says:

    aku pengen tau kisah banyak tentang prabu siliwanggi

  4. Tyara says:

    eang semua anak,cucu,keturunanmu akan selau cinta dan merindukanmu…
    Beliau adalah tokoh yang patut dijadikan panutan hidup….

  5. natakusuma says:

    boleh unggah fhoto kang

  6. zainal ma'ruf says:

    saya sangat ingin memiliki lukisan prabu siliwangi

    • essa muhammad says:

      Saya punya lukisan Prabu siliwangi, karya doda tahun 1869. Pada lukisan tergambar Ratu jaya dewata atau Raden Manahrasa Prabu Siliwangi ketika beruasia 25 tahun ( sangat Muda ) Belum pernah di publikasikan. Kebetulan saya ingin bantu orang tua dan orang orang yg ga mampu, saya mau Jual lukisan tersebut. Jika kawan kawan ada yg bisa bantu, bisa hub saya di 081323943340 atau 087883191517. Saya pemilik langsung lukisan tersebut. Salam. H. Essa muhammad.

  7. jagoan.sejati says:

    temen kakek ane punya tuh sejarah dan silsilah keturunan tentang prabu siliwangi dan anak2 nya krn banyak yg salah dari cerita yg banyak di jelasin di internet waktu itu diceritain kpn2 gw tulis di blog klo sempet he he he

  8. Dedi Derajat says:

    situs peninggalan kerajaan Prabu Siliwangi mungkin ada dimana ya?

  9. Arief Budhi Gunawan says:

    ada gambar yang lainnya??

  10. Arief Budhi Gunawan says:

    ad gambar yg lain?? sy mw tw crt ttg babad tanah sunda.. apa ada bukunya??

    • sketsalaku says:

      sementara belum mencari-cari lagi untuk gambarnya kang. Babad Tanah Sunda seperti Babad Tanah Jawa keliahatannya blum pernah ada yang menulisnya. Kalau mau ada temen di daerah Bogor yang mempunyai buku Pantun Bogor. Kata temen Pantun Bogor Sendiri diakui ke “valid” an nya sebagai Sumber Sejarah Sunda oleh para ahli Sejarah dan Budaya seperti Saleh Danasasmita, Anis Djatisunda, Purbacaraka, Hussein Djajadiningrat, Atja dll.
      Bukunya dalam bentuk pantun dan tentu saja full Bahasa Sunda.
      Kalau mau bisa contact saya, sapa tau masih boleh untuk fotocopy.
      Salam _/|\_

  11. wartono says:

    berarti sampe skg kanjeng prabu siliwangi belum meninggal,hanya rubah wujud dan sirna(menghilang)

    • sketsalaku says:

      Prabu Siliwangi wafat dan dikebumikan menurut referensi yang saya baca. Tetapi layaknya para karuhun yang mendapat ‘anugerah’ sehingga masih bisa dilacak/ditemui secara astral. Salam _/\_

  12. Heru Sutanto says:

    Saya sangat mengagumi sosok beliau, mudah-mudahan jiwa & hati sang Prabu ada di raga saya, saya mempunyai ke anehan setiap ada orang yg keraksukan apabila melihat saya sering menyembah saya Prabu Raja Galuh, sudah lebih 30 kali kejadianya, apabila ada bisa membuka tabir ini tolong bantu saya.Trimakasih

  13. doel says:

    situs prabu siliwangi yg cukup kuat ada di majalengka..

  14. ferry says:

    Apa benar keterununan prabu siliwangi bisa dilihat oleh paranormal? Ada beberapa yang mengatakan kalau para keturunan beliau selalu diikuti oleh harimau? Punya pandangan tentang ini? Diantos pisan upami akang-akang kagungan pamadegan. Hatur nuhun.

  15. dulsamson says:

    Sebentar lagi Kota Bogor akan merayakan ulang tahunnya yang ke 529. kami segenap jajaran DPP Pusat Benteng Padjajaran mengucapkan selamat hari jadi yg ke 529, NU KIWARI NGANCIK NU BIHARI SEJAK AYEUNA SAMPEUREN JAGA. Kami mengajak saudara saudari untuk ikut serta menjaga, melestarikan adat istiadat dan budaya kita.

  16. dewi says:

    hai kawan kl ingin tau kisah kanmas prabusiliwangi ada di cerbon…

  17. dewi says:

    kl anda ingin tau kisah kang mas prabusili wangi….ada di cerbon tp sy nga mau kasih tau yg ada di org sakti tp kelihatan manusia biasa di mata org.

  18. dewi says:

    jgn lah kau ngada2 ada memang jaman leluhur dulu ada tp nga sembarang nempel ke badan manusia…kerajaan dulu masih tp maaf dewi nga bs cerita krn ini rahasia bagi dewi

  19. Alieff Child says:

    apa itu smua gambar wajah asli prabu siliwangi?
    ,a atau teh

    • Alieff Child says:

      mau nanya lagi a., sbenernya prabu siliwangi islam atau hindu agamanya a makasih ?

      • sketsalaku says:

        hehehehe ini sebenarnya pertanyaan yang akan menyebabkan perdebatan yang agak panjang. Kalau dari referensi2 yang saya baca dulu di Sunda berkembang agama Sunda Wiwitan, yang sekarang masih dipeluk oleh saudara2 kita suku Baduy. Kalau dari sejarah orang baduy adalah para pengikut setia Pajajaran yang karena situasi sosial politik pada waktu itu tetap memilih untuk mengikuti kepercayaan leluhurnya dan memilih menyepi dari keramaian daripada berperang dengan saudaranya sendiri yang baru gencar2nya membawa paham baru. Seperti apakah Sunda Wiwitan?Apakah sama dengan Hindu/Buddha? Silahkan berkunjung ke Baduy untuk tahu lebih jelasnya. salam _/|\_

        • Asalamu’alaikum sodaraku semua…

          Saya melihat banyak perdebatan disini, tapi tetap berterimakasih karna teman2 semua masih mencoba mengenang kejayaan beliau. Sebenarnya, perlu diluruskan dulu yang dimaksud prabu siliwangi disini, prabu siliwangi yang mana? apakah Buyut Wastukancana, Buyut Surawisesa, Aki Pamanah Rasa alias Prabu Haji Jayadewata, ataukah Abah Nusiya Mulya alias Ragamulya Surya Kancana?, keturunan yang di Baduy adalah keturunan dari Abah Nusiya Mulya, agamanya Sunda Wiwitan, kalau Aki Pamanah Rasa alias Prabu Haji Jayadewata (Siliwangi I) sudah masuk Islam ketika menikahi Ibu Subanglarang alias Ibu Subangkarancang, karena ini adalah syarat agar bisa menikahinya. Karena ada pertentangan besar di dalam Kerajaan terutama dari para penasehatnya, akhirnya Aki Prabu memutuskan menjalani ajaran Islam dan sekaligus menjalani kesanghyangan, kasanghyangan adalah anutan pada waktu itu.. Barangkali inilah asal muasal Sunda Wiwitan, karena sejak dulu hingga sekarang orang Baduy beriman kepada Allah, cuma nabi yang di mulyakannya Nabiullah Adam AS.

          Maaf, saya tidak bisa bercerita secara detil..
          Suatu saat bila sudah waktunya, seluruh orang akan mengetahuinya..

          Wassallam

    • sketsalaku says:

      kalau menurut saya gambar2 ini berdasarkan pada visi masing2 orang yang menggambarnya. Jadi asli atau tidak agak susah untuk menjudge nya. Kalau bagi saya pribadi ini hanya untuk mengingatkan saja bahwa sosok Prabu Siliwangi itu memang benar adanya. Begitu kang kalo menurut saya, kurang lebihnya mohon dimaafkan. Salam _/|\_

  20. gilank says:

    apa ada kaitanya prabu siliwangi sama kerajaan galuh dan kerajaan panjalu..???

  21. hoyong pnak sareung anjeuna d impenan

  22. reddy says:

    mangga linggih atuh ka Cianjur, saupami bade milarian informasi tentang prabu siliwangi versi Cianjur,,hehe

  23. Alhamdulillah.. semoga segala kebaikan yang sudah dilaksanakan prabu siliwangi, membuat orang-orang sunda, cirebon, dan banten paham dengan asal usul sukunya.. Aamiin!

  24. hadi says:

    aya nu apal teu???? kamana kuring indit??? jeung aya dimana ayeuna kuring??? manawi….

  25. kuncoro says:

    sosok yang gagah dan bijak. saya percaya kalau sekarang ini beliau sedang berkarya untuk negeri ini.

  26. eni says:

    ada nggak gambaran wajah kian santang…

  27. ahmad says:

    hem.. cuma berbagi informasi sekaligus bertnya apakah info yg saya tahu ini benar atau salah.
    saya pernah baca, tentang raden aria wiratanudatar,, beliau memiliki anak yang bernama raden suryakencana,, dan raden surya kencana ini dinikahkan dengan seorang putri jin oleh ayah nya..
    dan melahirkan 2 orang putra yaitu , prabu sakti dan prabu siliwangi..

    bener gk ya cerita tersebut?..

    • sketsalaku says:

      kurangnya literatur kuno memang memunculkan banyak versi, ditambah dengan cerita2 mitologi turun menurun yang kadang2 terlalu berlebihan.
      Tidak salah sih cerita seperti itu, mustii kita lihat dari sudut pandang si pembuat cerita yang intinya adalah memberikan penghormatan yang sebesar2nya pada para leluhur.
      Mengenai versi itu saya baru membacanya ini. Menurut sudut pandang saya versi ini , memunculkan pertanyaan, bagaimana seseorang menikah dengan jin?dan menjadi anak manusia?Yang biasa saya dengar dan masih bisa terjadi sekarang adalah menikah dengan jin beranak jin (gaib).

    • dadang says:

      Insya Allah benar. tp anak tdk benar. masanya jauh. kebetulan putra R. Aria Wiratanudatar sama dngan nama raja pajajaran yg terakhi.. maaf kang ahmad

  28. taufiq says:

    bukankah prabu siliwangi “MUKSO” seperti gajah mada
    tidak wafat?

  29. sketsalaku says:

    Maaf baru sempat nengokin blog lagi setelah lama off :D

    • syihdik parulian silalahi says:

      Sy kurang faham prabu siliwangi + kian santang, tlg ajari sy yg mengerti.
      Sekiranya yg mengerti bs BB-in sy di 29eba997.
      Tq

  30. saya sangat mengagumi sosok Prabu Siliwangi yang menjadi maharaja di tatar Sunda,,
    kalau saya bisa saya ingin bertemu dengan Paduka raja,,
    tapi saya juga sadar kalau saya ini siapa,,
    amiiinnnnn

  31. saputra yudha says:

    sasunda sasiliwangi

  32. Apakah aura dan energi dari Prabu Siliwangi bisa diturunkan pada keturunannya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s