Jalan-jalan (ke)Malang(an), Kediri, ke(m)Bali (1)

Posted: January 8, 2011 in Sejarah
Tags: , , , ,

Beberapa waktu lalu di akhir tahun 2010 saya berkesempatan untuk jalan-jalan tanpa tujuan ke timur. Sebuah keinginan yang tiba-tiba muncul ketika saya pribadi dalam posisi yang tidak enak dalam hidup karena kehilangan pekerjaan. Beberapa nama tempat yang tiba-tiba muncul ketika ngobrol dengan sesepuh, sahabat dalam kondisi yang tidak enak itu.

Berikut beberapa tempat yang siapa tahu ada yang tertarik untuk mengunjunginya.

Pertama kali saya memilih berhenti di Malang. Tempat berikut tiba-tiba saya dapatkan ketika saya kebingungan begitu turun dari pesawat…

CANDI JAWAR _ Gunung Semeru

Relief pada candi diatas :

 

Jalur Darat Dari Malang :

Dari terminal Gadang, Malang naik bis yang jurusan Lumajang turun di pasar ampel gading. Darisana lanjut naik ojek yang lumayan cukup jauh masuknya sekitar 1 jam dengan jalan yang cukup menantang.

 

Sekilas tentang Candi Jawar Ombo

Candi Jawar Ombo adalah bangunan peninggalan masa Hindu-Buddha yang ditemukan penduduk pada tahun 1983 dalam keadaan terpendam di dalam tanah.

Penduduk setempat menyebutnya Candi Jawarombo, yang masuk wilayah Desa Mulyoasri, Kecamatan Ampel Gading, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Lokasi situs ini berada pada posisi 8§ 08′ 50,9″ Lintang Selatan dan 112§ 53′ 21,05″ Bujur Timur dengan ketinggian di atas 1.400 m dpl.

Candi ini tinggal bagian batur (alas) berdenah bujur sangkar dengan ukuran 6x6m dan tinggi 60cm.

Pada lantai batur terdapat empat umpak batu yang berlubang pada bagian tengahnya untuk menegakkan tiang.

Mungkin bangunan suci ini memakai tiang kayu dengan atap rumbia atau ijuk, karena tidak dijumpai pecahan-pecahan genteng dibawahnya.

Kaki candi berupa pelipit setengah lingkaran dan segi empat. Keempat sisi batur dihiasi relief-relief yang menggambarkan teratai (lotus), pilaster, dan Tapak Dara.

Pada sisi bangunan dihiasi dengan lima teratai, empat Tapak Dara dan 10 pilaster yang ditempatkan berselang-seling.

Sedangkan pahatan sosok manusia pada relief digambarkan seperti wayang, gaya pahatan seperti relief-relief bangunan candi masa kerajaan Majapahit.

Hal ini bisa dilihat pada bangunan-bangunan di lereng Gunung Penanggungan, di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Situs Candi Jawar Ombo menghadap puncak Gunung Mahameru/Gunung Semeru, gunung tertinggi di Jawa Timur.

Pintu masuk candi ada di selatan dengan adanya sisa-sisa bangunan gapura yang terbuat dari batu. Dilokasi ini ditemukan arca batu yang memegang gada, hal ini adalah ciri dari arca Dvarapala.

Dvarapala merupakan arca yang ditempatkan di depan pintu atau gerbang menuju bangunan suci candi, yang dipercaya memiliki kekuasaan untuk melindungi dari berbagai serangan kekuatan jahat.

sumber : http://tourmalangbatu.com/2010/08/candi-jawar-ombo/

Candi Jawar di Lereng Gunung Semeru

Tempat Raja Majapahit Doakan Ajeg Nusantara

Candi Jawar yang di lereng selatan Gunung Semeru, Jawa Timur, merupakan peninggalan purbakala sebagai tempat yang sangat baik bagi siapa saja untuk memuja kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang disebut Hyang Pasupati. Menurut beberapa sumber, candi ini ditemukan oleh penduduk setempat sekitar tahun 1982-1983. Konon, tempat ini dulunya digunakan oleh para pandita, tokoh spiritual, raja-raja — termasuk Raden Wijaya, pendiri Kerajaan Majapahit. Di candi inilah konon pula Raden Wijaya memuja dan menodakan kepada Tuhan Yang Maha Esa (ketika itu disebut Hyang Widhi) untuk keajegan Nusantara yang kemudian terwujud melalui kebesaran Majapahit. Berikut petikan catatan pengalaman sebuah tim dari Bali ketika berkesempatan berkunjung ke Candi Jawar, Oktober 2003……..lanjutannya silahkan meluncur langsung ke sumbernya : http://www.balipost.co.id/BaliPostcetak/2004/1/18/ip1.html

bersambung…..

Comments
  1. Pein says:

    Akhirnya, ada juga yg kesini dan posting fotonya secara jelas !!
    Mantap !!
    Thanx ya agan😀

  2. Pein says:

    Wah mahal kang, saya aja ngojek PP 50rebu ke pantai di Blitar, jalannya lebih menantang (biasa pantai selatan banyak gunungnya), lama perjalanan juga 1 jam sekali berangkat……

    Thanx atas infonya,,,,
    moga2 bisa kemari ato mbujuk’i orang supaya kemari😀
    Hehehehehe……

  3. Andre says:

    Haha.. Bagus juga ni ceritanya, lumayan tambah info buat tempat jalan2… Lain kali ke Malang aja mas, banyak tempat bersejarah n kuliner menarik kok.. Masak ke mana-mana ga jelas tujuannya.. Kalo butuh tempat nginep saya saranin di daerah pusat kota, soalnya transport lebih gampang carinya n ke mana-mana dekat… Ni salah satu hotel yang recommended… Klik http://www.kartikagrahahotel.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s